Rabu, 25 Mei 2016

Atasi Rambut Bercabang Dengan Bahan Alami




Rambut merupakan mahkota bagi wanita, memiliki rambut yang sehat, hitam, dan kuat merupakan dambaan bagi setiap wanita. Tapi apa jadinya jika rambut anda terlihat kering, bercabang, dan rontok? Tentu anda sebagai wanita akan merasa risih dan tidak percaya diri ketika keluar rumah dan rambut anda terlihat oleh orang lain.

Masalah rambut bercabang lebih sering dialami oleh wanita yang mempunyai rambut panjang. Inilah salah satu tantangan bagi anda yang ingin mempunyai rambut panjang. Selain itu rambut panjang yang kurang terjaga kesehatannya juga akan mudah mengalami masalah seperti rambut mengembang, rambut rontok, dan berketombe. Mungkin saat ini banyak wanita memilih cara mengatasi rambut bercabang dengan cepat, salah satunya yakni dengan melakukan perawatan di salon kecantikan. Selain perlu biaya yang mahal, dilihat dari segi kesehatan juga hal tersebut kurang cocok untuk kesehatan rambut anda,  karena berbagai produk yang dipakai sebagian besar mengandung bahan kimia.

Ada banyak sekali faktor yang dapat membuat rambut anda bercabang, diantaranya yakni karena paparan sinar matahari, kurangnya nutrisi rambut, pemakaian berbagai alat styling, dan masih banyak lagi. Beberapa khasus yang sering terjadi, rambut bercabang disebabkan karena pemakaian alat hairdryer dan juga catok rambut. Maka dari itu sebaiknya anda menghindari ataupun mengurangi penggunaan alat styling tersebut.

untuk mengatasi masalah rambut bercabang akan lebih mudah setelah  kita mengetahui akar permasalahnya. Perawatan pada wanita berambut panjang akan lebih susah. Ini dikarenakan semakin jauh ujung rambut dari kulit  kepala, semakin sedikit minyak dari kelenjar di bawah kulit kepala yang sampai sehingga ujung rambut menjadi kering dan rapuh.  Ini adalah penyebab alami tanpa ada campur tangan kita.

Sedangkan penyebab rambut bercabang yang mengikutkan campur tangan kita adalah:

-       Perwarna rambut
Pemakaian pewarna rambut yang mengandung zat kimia tentu akan merusak kesehatan rambut, apalagi klo sering.
-       Hair dryer
Alat ini mengeringkan rambut tapi juga dapat mengeringkan minyak alami dari kulit kepala yang berfungsi menjaga kesehatan rambut.
-       Shampo
Shampo yang tidak cocok dengan kulit kepala dan rambut bisa dikarenakan bahan kimia yang bereaksi dengan cepat merusak jaringan rambut dan kulit kepala.
Setelah melihat semua penyebabnya, kita bisa mencegahnya dengan cara menghindari semua penyebabnya agar rambut tetap terjaga dan sehat. 

Cara mengatasi masalah rambut yang satu ini adalah:

-       Jangan basahi rambut dengan menggunakan air panas
Air hangat ternyata dapat menghilangkan minyak alami rambut sehingga merusak kelembaban rambut anda. Oleh karena itu sebaiknya jangan membasahi rambut dengan air hangat. Apabila anda ingin mandi dengan air hangat pastikan jangan sampai terkena rambut.

-       Hindari pemakaian alat styling rambut
Seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa salah satu penyebab rambut bercabang yakni pemakaian alat-alat styling rambut. Sebaiknya hindari pemakaian catok maupun alat pengering rambut karena dapat menyebabkan rambut menjadi bercabang. Selain itu aktifitas rebonding juga dapat menjadi pemicu terganggunya kesehatan rambut anda.

-       Blurkan kulit kepala dengan minyak zaitun
Minyak zaitun memang sudah dikenal memiliki manfaat yang begitu besar untuk kesehatan rambut serta kulit. Untuk mengatasi rambut bercabang menggunakan minyak zaitun caranya yaitu dengan membalurkan minyak zaitun ke permukaan kulit kepala anda. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 5 menit, kemudian bilas menggunakan shampoo sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal lakukan cara ini 2 kali dalam satu minggu.

-       Campuran minyak zaitun, madu dan telur
Cara mengatasi rambut bercabang selanjutnya yaitu dengan menggunakan campuran minyak zaitun, madu dan telur. Caranya yaitu dengan mencampurkan 1 kuning telur, 1 sendok makan madu, dan 3 sendok makan minyak zaitun. Setelah benar-benar tercampur rata kemudian balurkan pada kulit kapala dan rambut anda. Lakukan pula pemijatan secara perlahan. Setelah itu bungkus rambut anda menggunakan penutup rambut atau shower cap selama 40 menit. Langkah terakhir yakni membilas rambut anda sampai bersih.

Cara di atas adalah cara yang terbukti berhasil. Bila tidak bisa steaming/trim karena biaya yang mahal, kita bisa mengantinya dengan cream bath rambut atau masker rambut yang dapat dilakukan sendiri dirumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar